Saturday, October 10, 2015

Bidang-Bidang Garapan Tenjo Meiji

A. Bidang perindustrian

Dengan mengadopsi teknologi dari Barat, Jepang membangun industri-industri, seperti pabrik senjata, galangan kapal, peleburan besi, pabrik pemintalan, dan lain-lain. Bersamaan dengan itu, dikembangkan pula sistem jaringan kereta api dan komunikasi modern. Keuntungannya adalah pada produksi dan ekspor sutra mentah, misalnya, masing-masing meningkat dari 1.026 dan 646 ton pada tahun 1872 menjadi 12.460 dan 9.462 ton pada tahun 1914 dan pada produksi batu bara dalam kurun waktu 1875 sampai sampai 1913 meningkat sekitar 2.100% Sementara itu, dari 26 kapal dagang bertenaga uap pada tahun 1873 berkembang menjadi 1.514 kapal pada tahun 1913. Dan panjang jalur kereta api, dari 29 km pada tahun 1872 menjadi 1.400 km pada tahun 1914.

Hasil-hasil produksi ini dijual ke pasar internasional dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga penjualan produk yang sama di dalam negeri, suatu kebijakan yang disebut dumping Hal ini membuat industri dalam negeri Jepang berkembang pesat.

B. Bidang perdagangan

Dalam kegiatan perdagangan Jepang mengembangkan pelabuhan- pelabuhannya menjadi pelabuhan modern, demikian juga kapal-kapal dagangnya. Kegiatan perdagangan pun mengalami kemajuan yang pesat. Hal itu didukung pula dengan pendirian bank-bank yang memungkinkan orang meminjam uang untuk investasi.

C. Bidang militer

Jepang gencar membangun angkatan perangnya. Pada tahun 1873, Jepang menerapkan kebijakan wajib militer bagi setiap laki-laki berumur 21 tahun untuk jangka waktu empat tahun, dan diikuti dengan tiga tahun sebagai tentara cadangan. Untuk menunjang hal itu, Jepang membeli peralatan dan perlengkapan militer dari negara-negara Barat.

Pada tahun 1863, misalnya, Jepang memesan sebuah kapal perang modern bertenaga uap dari Belanda. Kapal itu kemudian diberi nama Kaiyo Maru dalam bahasa Jepang. Kapal perang ini mirip dengan "Kapal Hitam" Matthew C. Perry. Dalam pelayaran pertamanya ke Jepang sesuai pembuatannya ikut serta 16 orang

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.