Saturday, October 10, 2015

Kegunaan Sejarah


Belajar sejarah banyak kegunaannya dalam kehidupan sekarang atau untuk masa yang
akan datang. Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman untuk suatu bangsa
untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang. Tiap-tiap individu pada
setiap bangsa dan negara wajib memiliki kesadaran akan arti pentingnya sejarah. Kesadaran
sejarah adalah dimensi yang memuat konsepsi waktu yang dimiliki manusia yang
berbudaya. Kesadaran sejarah yang tercermin pada individu akan lebih memiliki manfaat jika
bersifat kolektif, sebab sebagai ungkapan masyarakat bersama pada situasi yang ada, baik
politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang mampu membangun perasaan senasib sebagai suatu
anggota bangsa dan negara. Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau
adalah pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga untuk bangsa itu pada masa
kini, sebab akan memberikan pertolongan daya pikir dan tindakan yang bijaksana. Oleh sebab itu,
sejarah mempunyai arti yang penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.
Output yang dihasilkan dari belajar sejarah dapat Anda simak dalam bagan berikut.
Belajar Sejarah
Output
jangka
pendek
Output
jangka
panjang
{
{
Kegunaan edukatif
memberi pelajaran
berdasarkan peris-
t iwa/pengalaman
masa lampau.
Kegunaan inspiratif
memberi ilham se-
hingga menumbuh-
kan motivasi untuk
melakukan yang le-
bih baik.
Kegunaan rekreatif
memberi kesenang-
an, pengalaman,
dan penget ahuan
tanpa wajib beran-
jak dari tempat.
Menjadikan seseorang lebih bijaksana dalam
menatap masa depan
Di tengah masyarakat yang luas, sejarah memiliki arti dan kegunaan sosial, yaitu
memberi kegunaan edukatif (pelajaran), kegunaan yang menimbulkan inspirasi (ilham), dan
fungsi rekreatif (rasa yang menyenangkan).
Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
13
1. Kegunaan edukatif (memberi pelajaran)
Mempelajari sejarah berarti belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan masyarakat,
baik pada masa sekarang atau masyarakat sebelumnya. Keberhasilan di masa lampau akan
dapat memberi pengalaman pada masa sekarang. Sebaliknya, kesalahan masyarakat di
masa lampau akan menjadi pelajaran berharga yang wajib diwaspadai di masa kini.
Dengan mempelajari sejarah, orang dapat menemukan hukum yang menguasai kehidupan
manusia, bahkan dengan belajar sejarah kita dapat berbuat bijaksana untuk menghadapi
masa depan (ingat belajar sejarah akan bijaksana lebih dahulu). Oleh sebab itu, belajarlah
dari sejarah sebab sejarah dapat mengajarkan kita apa yang sudah dilakukan sebelumnya.
Keberhasilan Kerajaan Majapahit akan memberi pelajaran untuk masyarakat sekarang
untuk bekerja keras, bersatu dalam satu tujuan untuk mencapai masyarakat adil makmur.
Sebaliknya, perang saudara menyebabkan kelemahan negara yang akhirnya meruntuhkan
Majapahit (ingat Perang Paregreg di Majapahit). Begitu juga apa sebab di Singasari selalu
terjadi pergantian tahta tidak lain disebabkan adanya usaha yang tidak saling membangun
tetapi saling menjatuhkan (Ken Arok merebut tahta dari Tunggul Ametung, selanjutnya
anak Tunggul Ametung membunuh Ken Arok dan sebaliknya, anak Ken Arok membunuh
Anusopati dan begitu seterusnya).
2. Sejarah berguna memberikan inspirasi (ilham kepada kita)
Berbagai kisah sejarah yang terjadi memberikan inspirasi (ilham). Misalnya, Pangeran
Diponegoro berusaha melawan dengan sistem gerilya pada pasukan Jenderal De Kock,
dan selama 5 tahun dia berhasil memorak-porandakan pihak Belanda. Begitu juga perjuangan
rakyat Indonesia dalam gerakan nasional yang ditandai lahirnya Budi Utomo memberikan
inspirasi untuk kita untuk hidup kreatif, bersatu, dan selalu mengedepankan persatuan untuk
tercapainya Indonesia merdeka. Sikap rela berkorban demi persatuan dan berjuang tanpa
pamrih sudah ditunjukkan oleh para tokoh organisasi pergerakan nasional Indonesia.
Bangsa Indonesia sudah memasuki kebangkitan nasional yang kedua berusaha mengejar
ketinggalan dalam era globalisasi ilmu dan teknologi, suatu masa di mana kita harus
meningkatkan persatuan serta patriotisme untuk membawa bangsa Indonesia menuju masa
depan yang lebih baik dari masa sekarang.
3. Sejarah dapat berguna sebagai rekreatif
Sejarah dapat memberikan kesenangan dan
rasa estetis sebab penulisan sejarah mampu
menarik pembaca berekreasi tanpa beranjak
dari tempat. Kita dapat menyaksikan peristiwa-
peristiwa yang sudah lampau dan jauh terjadinya.
Kita seolah-olah mengelilingi negeri jauh dan
menyaksikan peristiwa yang terjadi pada masa
lampau, misalnya, pembangunan Taman
Bergantung di Babilonia atau Taj Mahal di Sumber: Widya Wiyata Pertama Anak, Tempat-Tempat Terkenal
Gambar 1.7 Taj Mahal di Agra, India
Agra India. Kita dapat melihat keindahan dan
kehebatan masyarakat pada saat itu. Maka melalui kegunaan rekreatif ini akan mendorong
14

masyarakat untuk maju dan lebih terbuka, dapat bergaul dengan siapa pun, menyenangi
ilmu dan teknologi, disiplin, bekerja keras, menghormati hukum, inovatif, produktif, serta
mau bekerja sama untuk mencapai cita-cita bangsa.
Proses rekreasi pada berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang
untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih bergerak maju sebab melihat adanya masa
depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.
Diskusi
Tulislah beberapa peristiwa sejarah dan peranannya dalam kehidupan masyarakat!
Diskusikan dengan kelompok Anda dan buatlah laporannya seperti format kolom berikut!
Kumpulkan tugas ini pada Bapak atau Ibu Guru!
No.
Peristiwa Sejarah
Peranan dalam Kehidupan Masyarakat
1.
2.
3.
4.
5.
Rangkuman
1. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian
yang sudah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
2. Tiga aspek sejarah.
Masa lampu adalah peristiwa, adalah fakta yang kekal dan abadi serta tidak pernah
berubah. Peristiwa masa lampau selalu dikenang dan dibuatkan catatan, bahkan ada juga
yang dibuat monumen sejarah.
Masa kini untuk dipahami setiap peristiwa sejarah dan memiliki tujuan agar suatu peristiwa
sejarah tidak terulang untuk kedua kalinya dalam peristiwa yang sama.
Masa yang akan datang, peristiwa sejarah dapat dijadikan pandangan atau pedoman
hidup suatu bangsa agar lebih berguna dan berhati-hati, serta lebih bijaksana dalam
bertindak dan mengambil keputusan.
3. Sejarah terus berkesinambungan sehingga adalah rentang peristiwa yang menyangkut
masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang.
4. Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan:
peristiwa abadi, yakni peristiwa sejarah adalah peristiwa yang tidak berubah-ubah
dan tetap dikenang sepanjang masa dalam kehidupan manusia;
peristiwa yang unik, maksudnya peristiwa sejarah adalah peristiwa yang unik
karena hanya satu kali terjadi dan tidak pernah terulang lagi;
peristiwa yang penting, maksudnya peristiwa sejarah adalah peristiwa yang
penting yang dapat dijadikan momentum atau peringatan sebab mempunyai arti
dalam menentukan nasib hidup orang banyak.
Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
15
5. Bermacam-macam sejarah menurut jenisnya.
Sejarah sebagai peristiwa adalah sejarah sebagai fakta-fakta kejadian yang benar-
benar terjadi pada masa lampau.
Sejarah sebagai kisah adalah sejarah sebagai hasil penelitian oleh para ahli sejarah.
Sejarah sebagai ilmu adalah pengetahuan mengenai masa lampau yang disusun
secara sistematik.
6. Sejarah memenuhi syarat sebagai ilmu, dikarenakan:
sejarah mempunyai objek kajian, yakni kejadian;
memiliki suatu metode yang mampu menghubungkan bukti-bukti sejarah;
kisah sejarah tersusun secara sistematis berdasar peristiwa awal kejadiannya;
kebenaran fakta sejarah diperoleh dari penelitian sumber yang disusun secara rasional,
tidak boleh ditambah atau dikurangi.
7. Sejarah sebagai seni adalah sejarah sebagai petunjuk moral untuk para pembaca sehingga
dalam penulisannya memerlukan seni tersendiri.
8. Periodisasi adalah pembabakan sejarah dalam waktu yang digunakan untuk mengetahui
suatu peristiwa.
9. Kronologi adalah penyusunan sejarah berdasar urutan waktu.
10. Kronik adalah notulen mengenai waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah.
11. Kronologi sejarah adalah penyusunan peristiwa menurut atau sesuai urutan kejadian yang
didasarkan pada urutan waktu.
12. Kegunaan sejarah
Kegunaan edukatif, dengan belajar sejarah memberi pelajaran pengalaman yang
pernah dilakukan pada masa sekarang atau sebelumnya.
Kegunaan inspiratif, bahwa bermacam-macam kisah sejarah memberi ilham, inspirasi kepada
para pembaca dan pendengarnya.
Kegunaan rekreatif, bahwa sejarah sebagai kisah dapat memberi hiburan yang segar,
rasa kesenangan, dan rasa estetis.
Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Mengapa diperlukan kronologi dalam mempelajari sejarah?
2. Apakah periodisasi dalam sejarah itu?
3. Apakah kronik juga punya arti dalam sejarah?
4. Apa saja yang menjadi kegunaan sejarah itu?
5. Apa pentingnya suatu periodisasi dalam sejarah itu?
Refleksi
Sudahkah Anda memahami mengenai pengertian sejarah dan ruang lingkupnya? Apabila
Anda belum memahaminya, carilah sumber referensi lain yang cocok kemudian
buatlah ringkasannya sebagai tambahan materi.

Sumber : Cakrawala Sejarah SMA/MA Kelas X

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.