Saturday, October 10, 2015

Pengertian Sejarah

Apakah pengertian sejarah ? Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan bermacam-macam peristiwa. Peninggalan-peninggalan itu disebut sumber sejarah. Dalam bahasa Inggris, kata sejarah disebut history, maknanya masa lampau; masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab, sejarah disebut sajaratun (syajaroh), artinya pohon dan keturunan. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan RI, salah satu contoh peristiwa sejarah besar, maka sejarah dapat diartikan silsilah keturunan raja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria, yang berarti belajar. Jadi, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa, kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang maknanya sesuatu yang sudah terjadi, sesuatu yang sudah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Adapun menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah adalah rekonstruksi masa lampau atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.
Pengertian Sejarah
Soekarno memproklamasikan kemerdekaan RI,
salah satu contoh peristiwa sejarah

Ada tiga aspek dalam sejarah, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Masa lampau dijadikan titik tolak untuk masa yang akan datang sehingga sejarah mengandung pelajaran mengenai nilai dan moral. Pada masa kini, sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menuju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan memberi kita gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau sehingga dapat merumuskan hubungan sebab dan akibat mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan itu, meskipun belum tentu setiap peristiwa atau kejadian akan tercatat dalam sejarah.

Sejarah terus berkesinambungan sehingga merupakan rentang peristiwa yang panjang. Oleh karena itu, sejarah mencakup:

  1. masa lalu yang dilukiskan berdasar urutan waktu (kronologis);
  2. ada hubungannya dengan sebab dan akibat;
  3. kebenarannya bersifat subjektif sebab masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki;
  4. peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masakini, dan masa yang akan datang.


Konsep dan Aktualita Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia yang ditulis W.J.S. Poerwadarminta disebutkan bahwa sejarah mengandung pengertian sebagai berikut.

  1. Sejarah berarti ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran mengenai kejadian atau peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau.
  2. Sejarah berarti silsilah atau asal usul.
  3. Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah menyatakan bahwa sejarah adalah kejadian, perubahan, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. Sejarah juga adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan kejadian dan peristiwa di sekitar kita.

Definisi Sejarah

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Jadi, sejarah memiliki dimensi ruang dan waktu, maknanya sejarah itu adalah peristiwa yang terjadi di suatu tempat dan pada waktu lampau. Peristiwa hanya terjadi dalam satu kali.

Cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau dan akan meneliti sepanjang kehidupan manusia. Berikut bagan sifat-sifat peristiwa dalam kehidupan manusia yang adalah peristiwa sejarah.

Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Peristiwa abadi:
Peristiwa itu akan terus dikenang. Hari, tanggal, dan tahun kejadian serta peristiwa yang terjadi akan selalu sama walaupun telah berganti generasi. Peristiwa sejarah, misalnya, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Peristiwa unik:
Peristiwa itu hanya terjadi satu kali, di satu masa, di satu lokasi. Tidak ada kejadian serupa di belahan bumi lainnya.

Peristiwa penting:
Peristiwa itu adalah momentum perjuangan bangsa Indonesia yang menentukan kehidupan orang banyak, yaitu kehidupan masyarakat/ bangsa Indonesia.

Tugas

Carilah artikel dalam kliping koran/majalah mengenai suatu peristiwa. Tempelkan kliping tersebut pada selembar folio dan tuliskan alasan Anda yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut adalah peristiwa sejarah. Sebutkan pula termasuk dalam kategori apa cara penyajian fakta sejarah dalam artikel itu. Kumpulkan pada guru untuk diberi nilai!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.